Tujuan Kurikulum mencakup empat Kompetensi, yaitu Kompetensi Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pengetahuan, dan Keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, ko-kurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu
“Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif,
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa pada pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik
mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang
spesifik untuk memecahkan masalah.
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1. Menerapkan
besaran fisika, satuan, alat ukur, dan pengukurannya
|
4.1. Mengukur besaran-besaran fisika yang digunakan di bidang
pariwisata
|
3.2. Menganalisis
hubungan gaya, usaha, dan energi dalam masalah gerak
|
4.2. Memecahkan masalah gerak
benda di bidang pariwisata berdasarkan konsep gaya, usaha, dan energi
|
3.3. Menganalisis
elatisitas bahan dan tegangan permukaan
|
4.3. Menguji sifat elastisitas dan
kekuatan bahan yang digunakan di bidang pariwisata melalui percobaan
|
3.4. Menganalisis
hubungan suhu dan kalor
|
4.4. Menguji pengaruh kalor
terhadap perubahan suhu, wujud, dan bentuk benda melalui percobaan
|
3.5. Menganalisis
materi dan perubahannya
|
4.5. Mengidentifikasi jenis dan
ciri-ciri perubahan materi yang terjadi di bidang pariwisata melalui
percobaan
|
3.6. Menganalisis
larutan dan konsentrasi larutan
|
4.6. Membuat larutan pada
konsentrasi tertentu di bidang pariwisata
|
3.7. Menganalisis difusi dan
osmosis
|
4.7. Mengidentifikasi proses
difusi dan osmosis yang terjadi di bidang pariwisata melalui percobaan
|
3.8. Menganalisis
sifat-sifat dan kegunaan asam, basa, dan garam
|
4.8. Menguji sifat-sifat dan
pengaruh senyawa asam, basa, dan garam di bidang pariwisata
|
3.9. Menganalisis karakteristik
besaran listrik
|
4.9. Mengidentifikasi besaran
listrik pada alat-alat elektronik yang digunakan di bidang pariwisata untuk
menghitung biaya tagihan listrik berdasarkan pemakaian dan teknologi
alat-alat elektronik yang digunakan
|
3.10. Menganalisis
reaksi oksidasi dan reduksi
|
4.10. Mengidentifikasi
reaksi oksidasi dan reduksi di bidang pariwisata melalui percobaan
|
3.11. Menganalisis
sifat-sifat dan jenis sistem koloid
|
4.11. Menguji
sifat-sifat koloid yang digunakan di bidang pariwisata melalui percobaan
|
3.12. Menganalisis
sifat-sifat dan kegunaan senyawa hidrokarbon
|
4.12. Mengidentifikasi
senyawa hidrokarbon di bidang pariwisata berdasarkan sifat-sifat dan
kegunaannya
|
3.13. Menganalisis
sifat-sifat dan kegunaan karbohidrat
|
4.13. Menguji
secara kualitatif kandungan karbohidrat dalam bahan yang digunakan di bidang
pariwisata
|
3.14. Menganalisis
sifat-sifat dan kegunaan protein
|
4.14. Menguji
secara kualitatif kandungan protein yang digunakan di bidang pariwisata
|
3.15. Menganalisis
sifat-sifat dan kegunaan lemak
|
4.15. Menguji
secara kualitatif kandungan lemak yang digunakan di bidang pariwisata
|
3.16. Menganalisis
sifat-sifat dan kegunaan polimer
|
4.16. Menguji
sifat-sifat polimer di bidang pariwisata
|
3.17. Mengklasifikasikan
makhluk hidup
|
4.17. Mengidentifikasi
peranan makhluk hidup di bidang pariwisata berdasarkan hasil
pengklasifikasian
|
3.18. Menganalisis
komponen-komponen dan bentuk interaksi dalam ekosistem
|
4.18. Mengidentifikasi
komponen-komponen dan bentuk interaksi dalam ekosistem
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar